Beberapa update fitur di aplikasi SuratKu yang dirilis pada Juli 2024 ini adalah sebagai berikut :
Lampiran surat dalam bentuk link
Penambahan watermark "[DRAFT]" untuk surat belum ditandatangani
Generator sertifikat
Peningkatan keaman web dengan menerapkan validasi captcha
Pening
Surat yang bisa dibuka di aplikasi 2023, maksimal harus selesai (diverifikasi, ditandatangani dan dikirim) pada hari Minggu, 31 Desember 2023 pukul 22:00 WIB karena aplikasi akan memasuki mode maintenance dari pukul 23.00 (31/12/2024) s.d. 07.00 WIB (01/01/2024).
Untuk surat yang selesai pada
Login sebagai Admin OPD
Klik menu Daftar User
Klik tombol Perbandingan Data Pegawai Suratku dengan Simasneg
Ceklist pegawai baru yang belum masuk di suratku. Biasanya berada di paling bawah, dan baris Suratku datanya kosong, dan baris Simasneg ada datanya, seperti dibawah ini, kemudian klik Upd
Selamat datang di aplikasi Suratku 2023Beberapa perubahan di aplikasi Suratku 2023Tampilan
Menjadi
Cara memilih penerima surat
Menjadi
Cara menuliskan naskah surat
Menjadi
Saat melakukan penandatanganan digital di aplikasi SuratKu, kadang dijumpai beberapa error atau pesan kesalahan. Bahasa di pesan error kadang menggunakan bahasa Inggris yang sulit untuk dipahami.
Berikut kami sampaikan daftar pesan error dan penyebabnya :
No
Isi Pesan Error
P
Login ke Aplikasi SuratKu
Klik menu Disposisi Masuk, kemudian akan tampil :
Pilih disposisi masuk yang akan didisposisikan, dengan klik tombol Baca, dan akan menampilkan :
Klik pada Bagian 1, tombol Disposisikan, kemudian akan tampil :
Keterangan :
Bagian 1 : Pilih bawah
Login ke Aplikasi SuratKu
Jika Anda menerima disposisi masuk, maka akan ada pemberitahuan jumlah disposisi masuk yang diterima di menu samping, seperti di bawah ini :
Klik menu Disposisi Masuk tersebut, kemudian akan tampil :
Pada kolom status, adalah menunjukkan status disposisi, yang
Login ke Aplikasi SuratKu
Klik menu Surat Masuk, kemudian akan tampil :
Pilih surat yang akan didisposisikan, dengan klik tombol Baca, dan akan menampilkan :
Klik pada Bagian 1, tombol Disposisikan, kemudian akan tampil :
Keterangan :
Bagian 1 : Pilih bawahan langsung ya
Login ke Aplikasi SuratKu
Jika Anda menerima surat masuk, maka akan ada pemberitahuan jumlah surat masuk yang diterima di menu samping, seperti di bawah ini :
Klik menu Surat Masuk tersebut, kemudian akan tampil :
Pada kolom status, jika masih centang abu abu, maka surat belum dibaca. J
Surat masuk yang berupa surat fisik dicetak dan ditandangani manual, dapat dimasukkan ke Aplikasi Suratku, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Scan surat dengan scanner, atau bisa menggunakan scanner pada aplikasi Android. Hasil file yang di-scan, harus dalam bentuk PDF, dengan ukuran maksimal
Untuk surat-surat masuk yang dikirimkan melalui aplikasi SuratKu yang berbeda OPD, maka Admin OPD penerima wajib melakukan pemberian nomor agenda surat masuk. Berikut caranya :
Admin OPD akan menerima pemberitahuan seperti di bawah ini
Kemudian klik tombol Kaca Pembesar untuk melihat detil
Setelah surat berhasil ditandatangani secara elektronik oleh penandatangan, selanjutnya di Admin OPD akan muncul pemberitahuan surat yang harus segera dikirim. Pada pengguna yang ditunjuk sebagai Admin OPD akan muncul pemberitahuan seperti ini :
Klik menu tersebut, dan akan tampil surat-surat yan
Proses setting Esign Username penandatangan digital ini dilakukan oleh pengguna yang sudah terdaftar aktif tandatangan digitalnya. Cara melakukan setting username adalah sebagai berikut :
Login ke aplikasi suratku
Akan tampil dashboard aplikasi suratku
Klik pada gambar photo profile, kemudian k
Petunjuk penggunaan teks editor suratKu : 1. Undo, redo, cut, copy paste2. Text styling, membuat huruf tebal, miring, garis bawah, superscript, subscript, huruf dicoret3. Bullet dan numbering4. Indentasi paragraf5. Perataan Teks6. Menambahkan tabel, simbol dan garis horizontal7. Warna teks, bac
Jika surat yang anda buat ditolak oleh verifikator karena mungkin masih ada yang belum benar, maka anda akan mendapatkan pemberitahuan di menu samping, seperti gambar di bawah ini :
Untuk menanganinya, klik menu tersebut, kemudian akan tampil daftar konsep surat yang ditolak, seperti di bawah ini
Pada proses proses penandatanganan, ada 3 (tiga) skenario, yaitu :
Penandatangan menyetujui surat dan menandatangani surat, prosesnya :
Klik menu Tandatangani
Pada status pastikan terpilih "Tandatangani"
Masukkan passphrase
Klik tombol tandatangani
Penandatangan ingin mengedit surat, d
Login di suratku dengan menggunakan username dan password anda
Pada menu samping, klik menu Verifikasi (ada notifikasi berapa jumlah surat yang perlu diverifikasi)
Akan muncul list surat yang perlu diverifikasi. Klik tombol Lihat
Jika surat sudah OK, dan tidak memerlukan koreksi, langsung
Langkah-langkah membuat surat keluar :
Login ke aplikasi suratku
Pada sub menu "Menu Pribadi", klik menu "Surat Keluar", kemudian tombol "Tambah"
Akan muncul form isian surat keluar, seperti : Kop Surat Atas Nama : jika ingin membuat surat atas nama bupati, sekretaris daerah dan asda